Satyam, Siwam, Sundharam

Senin, 05 Maret 2018

Kegiatan PHBS dan GERMAS Menyambut Hari Raya Nyepi

Kegiatan PHBS dan GERMAS Menyambut Hari Raya Nyepi


Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 masih beberapa Minggu lagi, namun suasana perayaan sudah mulai terasa. Di beberapa daerah Umat Hindu sudah mulai melaksanakan beberapa upacara yang terkait dengan Nyepi antara lain terlihat di DI. Yogyakarta yang melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Ngobaran dan Upacara Labuhan ( Giri Kethi) di Gunung Merapi, Yogyakarta. Sekaligus penanaman pohon, sebagai wujud bhakti umat hindu dan penjagaan terhadap alam semesta. Selain itu didaerah lain, umat Hindu banyak yang mempersiapkan Ogoh-Ogoh untuk pelaksanaan Tawur Agung. Ogoh-Ogoh merupakan salah satu sarana Tawur Agung yang berbentuk raksasa menyeramkan. Hal itu sebagai simbolisasi sifat-sifat negatif manusia yang harus dikendalikan. 

Suasana tersebut juga terasa sampai di Ibu Kota. Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat sebagai lembaga tertinggi Hindu memiliki beberapa program dan acara dalam menyambut hari raya Nyepi tahun ini. Pada hari Minggu, 25 Pebruari 2018 dilaksanakan Bhakti Sosial, Yoga Massal dan Penghijauan di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, Gunung Salak.  Dalam kegiatan ini diawali Yoga Massal yang dipandu oleh 25 Instruktur Yoga yang sudah berpengalaman. Instruktur ini berasal dari perkumpulan yoga Markandeya. Setelah itu dilanjutkan dengan penanaman pohon disekitar Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.
Agenda selanjutnya adalah  evaluasi dan pembinaan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), PUTAR (Pura Tanpa Asap Rokok) dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Parisada Hindu Dharma Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan membentuk tim penilai dan pembina lomba PHBS untuk 27 Pura dan Pasraman di 3 Wilayah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Kegiatan ini serentak dilaksanakan pada Minggu, 4 Maret 2018 dari jam 08.00 s.d selesai. Berikut Tempat Ibadah yang dinilai :
1. Pura Kerta Jaya Tangerang
2. Pura Parahyangan Jagat Guru BSD
3. Pura Parahyangan Buana Raksati, Sodong, Tigaraksa
4. Pura Dharma Sidhi Karya Ciledug
5. Pura Merta Sari Rempoa
6. Pura Eka Wira Anantha, Serang
7. Pura Giri Kusuma Bogor
8. Pura Bumi Natha Sakti, Kedung Halang, Bogor
9. Pura Angkasa Amertha Dharma Jati, Lanud Atang Sanjaya
10. Pura Raditya Dharma, Cibinong
11. Pura Satya Loka Arcana, Ciangsana
12. Pura Agung Tirtha Bhuana, Bekasi
13. Pura Amerta Jati, Cinere
14. Pura Tri Buana Agung, Depok
15. Pura Prajapati Purna Pralina, Depok
16. Pura Aditya Jaya Rawamangun
17. Pura Agung Taman Sari, Halim Perdana Kusuma
18. Pura Penataran Agung Kertha Bumi, TMII
19. Pura Widya Dharma Bumi, Cibubur
20. Pura Mustika Dharma, Cijantung
21. Pura Ksatriya Loka, Pomad Kalibata
22. Pura Widya Mandala Lenteng Agung
23. Pura Agung Wira Dharma Samudra, Marinir Cilandak
24. Pura Wira Satya Buana, Tanah Abang
25. Pura Candra Prabha, Jelambar
26. Pura Segara, Cilincing
27. Pura Dalem Purnajati, Tanjung puri, Cilincing.

Berikut beberapa liputan yang kami dapat dari grup Germas 2017:
 
Tim Penilai di Pura Angkasa Amertha Dharma Jati, Lanud Atang Sanjaya-Bogor
Tim Penilai di PuraTri Buana Agung, Depok

Tim Penilai di Pura Amerta Jati, Cinere
Tanggal 25 Maret 2018 mendatang, akan diadakan kegiatan Yoga Massal bertajuk " SAKA YOGA FESTIVAL  dimana akan dilaksanakan Yoga, Penyuluhan Anti Narkoba dan Donor Darah bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur. Menurut informasi yang kami dapatkan, akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan; Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K). Selain itu pesertanya mencapai 2000 Orang. Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB - selesai. Tentu hal itu tidak boleh kita lewatkan. Ayo kita bersama dengan keluarga datang karena Sehat itu berawal dari kita. Untuk Undangannya  terlampir dibawah ini. (suksme).



Subscribe to our newsletter

(Get fresh updates in your inbox. Unsubscribe at anytime)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar